Friday 30 December 2016

Cara membersihkan blok mesin motor

Cara membersihkan blok mesin motor



Bagaimana cara menghilangkan kerak pada blok mesin motor agar kinclong kembali seperti baru? Hal ini tentu banyak ditanyakan para pengguna motor yang memperhatikan kondisi sepeda motor mereka. Kerak pada blok mesin dapat muncul karena kita kurang memperhatikan kebersihan motor kita. Apalagi ditambah dengan cuaca ekstrem yang sering kali membuat kita menjadi bingung, misalnya pagi hingga siang hari cerah dengan panas matahari yang menyengat. Namun sore hari bisa hujan lebat. Kondisi seperti ini membuat debu dan kotoran dengan mudah menempel pada blok mesin di motor kita. Dan tentunya akan lebih parah jika debu maupun kotoran tadi bercampur dengan oliyang dapat membuat blok mesin menjadi mudah berkerak lambat laun menjadi berkarat. Membersihkan kerak pada blok mesin tentu mudah, bagi yang tau caranya. Nah kali ini akan kami bahas cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor agar blok mesin motor Anda menjadi bersih dan kinclong seperti baru.

Ulasan cara membersihkan blok mesin motor agar menjadi mengkilap ini akan kami bagi menjadi 3 bagian. Sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membersihkan dan menghilangkan kerak pada blok mesin pada motor Anda. Oke, Mari kita simak bersama cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor berikut ini.

CARA MEMBERSIHKAN NODA DAN KERAK PADA BLOK MESIN MOTOR

1. Menggunakan Shampo motor
Cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor yang pertama ialah dengan menggunakan shampo untuk mencuci motor atau mobil. Sebaiknya hindari penggunaan shampo untuk membersihkan blok mesin karena kurang efektif. Basahi blok mesin dengan air shampo, lalu gunakan sikat untuk melepaskan kerak dan menghilangkan noda yang menempel pada blok mesin. Kerak dan kotoran yang masih baru dan sedikit akan hilang dengan cara ini. Namun jika blok mesin masih belum bersih, gunakan cara membersihkan kerak pada blok mesin selanjutnya.


2. Menggunakan Sabun Cuci Piring
Cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor yang kedua ialah dengan menggunakan sabun cuci piring boleh menggunakan yang dolet maupun yang cair. Untuk kerak dan noda yang membandel, Anda dapat membasahi blok mesin terlebih dahulu, lalu gunakan sabun cuci piring secukupnya, kemudian sikat blok mesin yang kotor karena kerak dan noda. Noda dan kerak membandel umumnya dapat hilang dengan cara ini. Namun jika blok mesin masih belum bersih, gunakan cara membersihkan noda dan kerak yang berikut ini.

3. Menggunakan Pembersih Keramik
Cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor yang ketiga ialah menggunakan pembersih keramik atau menggunakan cairan oxal zuur (pilih salah satu). Pembersih keramik dapat Anda beli di supermarket terdekat, sedangkan oxal zuur dapat ditemui ditoko-toko material. Berhati-hatilah menggunakan cairan tersebut karena bersifat sangat keras. Gunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi pada kulit. Jangan terkena luka, jangan terkena mata, dan jangan terkena cat kendaraan. Gunakan cairan tersebut pada blok mesin yang tidak di cat. Berikut ini cara membersihkan noda pada blok mesin motor dengan salah satu cairan tersebut.

~ Cara membersihkan noda dan kerak pada blok mesin motor dengan menggunakan cairan pembersih keramik ataupun cairan oxal zuur. Pilih salah satu cairan yang akan Anda gunakan untuk menghilangkan kerak atau noda pada blok mesin. Gunakan kuas, lalu oleskan cairan tersebut pada blok mesin yang hendak dibersihkan. Diamkan beberapa menit. Biasanya akan timbul busa akhibat proses kimia dan hal ini adalah wajar. Selanjutnya sikat blok mesin menggunakan sikat gigi bekas untuk membantu mengangkat karat, kerak, dan noda.

~Sedudah itu, bilas menggunakan air sabun ataupun air shampo motor. Bilas dengan air hingga bersih. Sebelum melakukan pembilasan, Anda dapat juga mengkuaskan campuran sabun dan minyak tanah pada mesin blok agar hasil lebih maksimal. Setelah itu baru dibilas menggunakan air shampo motor dan dilanjutkan pembilasan dengan air biasa hingga bersih. Berhati-hatilah terhadap cairan oxal zuur karena dapat merusak cat bodi motor, baut-baut motor, serta karet-karet seal. Demikian ulasan cara membersihkan kerak membandel pada blok mesin motor. Semoga membantu. Terimakasih.

No comments:
Write komentar
'faelaja@gmail.com'