Wednesday 28 December 2016

Cara buat motor motor kencang

Cara membuat motor kencang


Hallo mas/mba bro balik lagi di fael’s blog,pada kesempatan kali ini mimin akan bahas masih seputar motor,karena ngebahas motor ini menurut mimin seru karena banyak hal yang bisa di otak atik dan di ga ada abisnya.Setelah kemarin-kemarin mimin bahas tentang beberapa komponen motor dan bahas motor mimin,maka kali ini mimin akan share kepada mas/mba bro tentang cara membuat motor mas/mba bro menjadi kencang dari standar.Ada banyak cara yang dapat di lakukan dalam membuat motor menjadi cepat,dan biasanya menyesuaikan dana yang ada di dompet :D So mari kita simak bersama karena pada postingan kali ini akan di bahas dengan tuntas.
            Motor,merupakan kendaraan yang paling banyak jumlahnya di Indonesia di karenakan harganya yang sekarang ini banyak motor-motor murah yang di dominasi motor matic dan juga motor di pilih karena lebih efektif di gunakan dalam keadaan macet karena dapat selap selip sehingga waktu lebih efisien sehingga motor banyak di gunakan di perkotaan.Motor juga di pilih karena banyak faktor yang membuat permintaan unit motor setiap tahunnya bertambah walaupun sekarang ini pemerintah menerapkan adanya pajak progresif bagi pemilik kendaraan ganda dengan nama kepemilikan yang sama.Motor bawaan pabrik sebenarnya sudah di setting sedemikian rupa dan di hitung segala halnya oleh para jenius-jenius produsen motor agar motor dapat berfungsi dengan semestinya dan memiliki ketahanan serta kenyamanan ketika di gunakan pengendaranya.Namun tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa motor tunggangannya kurang greget larinya,atau kurang ciamik di liatnya bahkan ada yang merasa warnanya tidak cocok di lihat sehingga di cat ulang.Cat ulang merubah warna motor sehingga tidak cocok antara warna motor dan tulisan warna di STNK dapat membuat mas/mba bro di tilang,oleh karena itu berhati-hatilah,atau jika ingin merubah warna motor maka ubahlah juga warna motor di STNKnya.Motor kencang juga tidak asal main ubah komponen dengan yang racing atau ubah pakai komponen motor lain bahkan asal bubut komponen,melainkan semuanya ada perhitungannya.Motor kencang di sesuaikan dengan tujuannya,apakah motor kencang di pakai untuk harian atau khusus untuk balapan ? dengan menentukan purpose motor tersebut mas/mba bro dapat menentukan komponen apa saja yang harus di ganti dan tidak perlu di ganti,dan yang tak kalah penting carilah bengkel yang mas/mba bro percayai memang bisa garap motor mas/mba bro dengan baik,seperti bengkel mimin yang terdapat di Kp.Pulo daerah Tambun Bekasi :D bengkel yang terpercaya dan handal menjanjikan hasil yang terbaik dan cocoknya komponen satu dengan yang lain walau mesti terdapat pergantian komponen, pasti mekaniknya akan menyesuaikan sehingga tidak akan merusak komponen yang lainnya.
            Motor kencang untuk harian menurut mimin sah-sah saja,asalkan di imbangi dengan perawatan yang lebih terjaga dari biasanya serta tetap memerhatikan aspek keselamatan berkendara.Yang menjadi tidak sah adalah ketika motor sudah ganti part kencang tetapi tidak di rawat dengan baik,pasti akan menimbulkan masalah di kemudian hari dan mentang-mentang kencang menjadi tidak menghormati pengguna jalan lain atau pengendara lain.Motor kencang untuk harian tidak terlalu banyak ubahan,berbeda dengan motor khusus balap yang semua mesinnya di rombak dan di setting ulang guna mendapatkan performa dari awal motor di tarik grip gasnya dan ketahanan karena mesin balap lebih riskan rusak,secara mesin motor di paksa bekerja dari keadaan pelan dan tiba-tiba di ajak lari dengan cepat.Oke untuk komponen yang dapat di ganti mimin akan share di bawah ini :

1.      KOIL
Koil merupakan perangkat pengapian motor yang konon katanya dengan mengganti koil standar motor dengan koil racing yang terpecaya seperti koil Blue Thunder,Koil YZ,Koil Faito dan satu lagi mimin lupa.Katanya dapat membuat tarikan motor menjadi lebih enteng karena dapat memperbesar percikan api pada busi,sehingga bahan bakar bisa terbakar sempurna di ruang bakar dan efeknya motor menjadi lebih responsif.

2.      BUSI
Untuk melengkapi penggantian KOIL,maka demi mendapatkan hasil yang maksimal dapat di lakukan penggantian busi,dari standar bawaan pabrik dapat di ganti dengan busi lain dengan tipe platinum atau bahkan iriudium dari berbagai merk seperti NGK,TDR dan DENSO yang di percayai dapat mengeluarkan api lebih fokus,lebih besar dan ketahanan busi yang lebih lama dari standar.

3.      CDI
CDI merupakan komponen elektronik yang mengatur batasan RPM motor dan beberapa fungsi yang lainnya.CDI bawaan pabrik umumnya memiliki batasan sehingga motor mas/mba bro ketika di pakai akan menggerung ketika mencapai batasan RPM yang terdapat di CDI dan akhirnya kecepatan motor tidak akan bertambah.Sebenarnya tujuan CDI dengan RPM di batasi pabrik adalah agar komponen-komponen mesin motor menjadi lebih awet dan juga untuk menjaga keselamatan pengguna dengan membatasi RPM yang membuat pengendara tidak bisa memacu kendaraannya dengan sangat kencang.Namun hal ini terkadang menjadi menjengkelkan bagi pecinta kecepatan,lagi asik ngebut tau-tau limit,suara udah ngeden larinya ga ada :D,untuk mengatasi hal tersebut dapat mengganti CDI bawaan motor dengan CDI Aftermarket yang sering di sebut unlimit,namun pada kenyataannya tetap terdapat batasan RPM hanya saja batasannya sangat tinggi dan motor-motor jarang yang bisa sampai mencapai batas itu.Merk CDI aftermarket antara lain terdapat merk BRT yang terkenal dengan berbagai modelnya mulai dari Hyperband,DualBand,I-max dan Neo Hyperband yang masing-masing mempunyai keunggulan dan harga yang berbeda.Kemudian ada juga merk Cheetah Power yang mimin sendiri pun susah cari info penjualnya dan ada pula CDI kelahiran jogja yaitu CDI PREDATOR,CDI ini di patok dengan harga miring namun menurut penjual kualitasnya tidak murahan.Gantilah CDI dengan pertimbangan yang tepat,karena kesalahan memilih CDI dapat berpengaruh bagi performa dan komponen motor lainnya.

4.      NOKEN AS (Chamsaft)
Konon dengan mengganti noken as dengan noken as aftermarket yang ukurannya tidak standar dapat mendongkrak perfroma motor.Noken as banyak di jual dengan beberapa merk salah satunya adalah BRT dengan beberapa tipenya sesuai dengan keinginan pengguna.Namun banyak juga orang yang memilih dengan tidak mengganti noken as dengan yang racing tetapi dengan membubut noken as yang ada,alasannya satu yaitu dapat menekan pengeluaran uang karena lebih irit ketimbang membeli noken as racing baru yang harganya lumayan.Dan tentu saja karena noken as di bubut sendiri,kita harus benar-benar memerhatikan ukurannya,jangan sampai salah agar mesin mendapatkan performa optimalnya.

5.      BORE UP
Bore Up bukan komponen mas/mba bro,melainkan adalah sebuah cara untuk mendongkrak ukuran CC motor menjadi lebih besar dengan cara instant,kenapa mimin bilang instan ? karena hanya dengan mengganti Blok dan seher dapat merubah CC motor.Bore up sekarang ini menjadi trend semenjak stroke up mulai kurang di minati,di karenakan jarangnya bengkel yang bisa melakukan stroke up dan riskan di lakukan bila salah perhitungan,namun stroke up menjanjikan kecepatan.Bore up di yakini lebih simpel di banding stroke up,mengapa begitu ? karena hanya menggantik ukuran blok mesin dan seher mesin dapat mendongkrak performa,di tambah sekarang ini banyak vendor-vendor yang menjual satu set paket blok bore up untuk berbagai jenis motor,beberapa contohnya adalah merk Moto1,DCR,KITACO bahkan blok motor vixion satu set yang bisa di gunakan di Jupiter Mx.Yang tak kalah penting jika mas/mba bro ingin melakukan bore up adalah,pertimbangkan ingin naik berapa CC dan ganti ukuran seher menjadi berapa,ingin pakai blok dengan bahan keramik atau apa,dan ingin blok dari merk apa.Pilihan yang tepat sangat menentukan keawetan dan performa motor.Yang terakhir lakukanlah di bengkel yang berpengalaman karena jika asal pasang bisa saja nanti antara piston dan klep tubrukan ketika memuai karena panasnya ruang bakar biasanya penyebabnya adalah harusnya ada bagian yang di papras tapi tidak di papras dan sebagainya.

6.      KARBURATOR
Karburator adalah komponen pengatur suplai bahan bakar dan angin,dimana stelan karburator yang tepat menghasilkan campuran antara angin dan bensin yang bagus sehingga motor dapat berjalan dengan kencang dan efisien.Namun kebanyakan motor saat ini terutama motor keluaran baru sudah Full Injeksi dan ada yang memakai karburator tipe vakum atau dengan pengkabutan.Yang bertujuan mencari irit bahan bakar,namun untuk lari kurang greget.Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut ganti karburator dengan model konvensional dapat menjadi pilihannya.model konvensional pun ada beberapa jenis ada karburator PE,PWK dan PWL.Serta berbagai merk seperti merk Moto1,UMA,Kitaco,Honda NSR dan thailand.Karburator konvesional terdapat beberapa ukuran yaitu 24,26,28 dan ada yang lebih besar lagi.Sara mimin di sesuaikan ketika ingin mengganti karburator,pilih ukuran yang tepat jangan terlalu besar karena bukan kecepatan yang di dapat tetapi malah membuat bensin boros dan tidak ada larinya,serta pilihlah karburator dengan merk yang tepat agar karburator awet tahan lama dan berfungsi dengan semestinya.Kan ga lucu beli merk abal-abal belinya ga garansi sampe rumah ga bisa di setel.


7.      KNALPOT
Setelah semua komponen di ganti yang ga kalah penting adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot yang memiliki sekat lebih sedikit atau tanpa sekat agar pembuangan lancar tanpa hambatan.Knalpot dapat ganti sesuai budget dan yang pasti sesuaikan dengan spek motor jangan asal ganti,karena dapat menyebabkan motor ngempos alias ga ada tenaganya.Dapat memakai berbagai merk seperti R9,CLD,Lone Rider,ABJ,Cream-Pie atau pakai silincer motor FU.

Sekian dulu postingan mimin kali ini,kalo ada yang salah maafin yak :D Next di tunggu aja postingan seru lainnya dan stay tune di fael’s blog

1 comment:
Write komentar
'faelaja@gmail.com'