Sunday 6 November 2016

Membuat Ground Strap Koil Motor

Membuat Ground Strap Koil Motor


  Hay mas/mba bro,balik lagi di blog kesayangan kita bersama,Fael's Blog.Pada kali ini kita akan out of the box,dari yang biasanya kita bahas seputar tentang teknologi-teknologi berbau komputer dan sejenisnya karena mimin anak TI.Pada kali ini mimin mau keluar dari jalur balapan  dan akan membahas tentang Roda Dua,bukan sepeda sirkus tapi sepeda motor :D.Mimin hobby main motor karena mimin punya bengkel motor,lebih tepatnya sih bengkel punya orang tua mimin tapi mimin suka ikut-ikut bongkar motor orang yang servis kalo lagi disana.Bongkar doang pasang mah kaga *Piss,becanda :)
  
  Mimin punya motor New Jupiter Mx 135 LC Gp Edition,fotonya ntar pan kapan mimin share soalnya belum sempet foto hehe.Motor mimin udah ga standar mas/mba bro,dari yang standar ukuran kapasitas CCnya cuma 135CC mimin bore up sampai di kisaran 177CC.Alasan mimin naikin CCnya karena,ya mimin suka jalan ke tempat menanjak kaya touring ke curug dsb.Buat motor segitu mimin rasa kurang greget,makannya mimin bore up.Dari tadi bahas bore up pada ga tau ya bore up itu apa,nih mimim kasih penjelasannya.

Data Panjang Langkah Mesin ( Stroke ) Standar Semua Motor
   Bore up adalah upaya memperbesar kapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston. Misalnya ukuran diameter standar piston adalah 54mm berpadu dengan panjang langkah piston yang 58,7mm, menghasilkan kapasitas mesin 134,4cc.Jadi yang bener cara hitungnya ada rumusnya mas/mba bro,rumusnya itu CC = (3,14 x Diameter Piston x Diameter Piston x Langkah Stroke) /4.
   Contohnya adalah mimin ambil perhitungannya dari punya mimin,motor mimin New Jupiter MX 135 LC,ukuran diameter piston standar adalah 54Cm dan ukuran langkah stroke standar adalah 58,7.Maka jika di hitung dengan rumus yang mimin kasih menjadi (3.14 x 54 x 54 x 58,7) / 4 dan hasil yang di dapatkan adalah 134,367.822 sehingga jika di bulatkan maka menjadi 135,nah 135 ini yang di jadikan acuan pabrikan.So motor mimin sekarang jadi 177CC berarti ada yang berubah kan karena mimin pakai piston ukuran 62mm untuk motor mimin,jadi perhitungan kubikasi CCnya adalah (3.14 x 62 x 62 x 58.7)/4 maka hasil yang di dapat adalah 177,129.598 jika di bulatkan maka menjadi 177 CC,cukup banyak bukan kenaikan CCnya.Proses pemasangan dan penggantian blok mesin ini mimin lakukan di bengkel mimin di daerah Tambun Bekasi.nama bengkelnya "GEMILANG JAYA MOTOR" kalo mau kesana buat bore up motor,servis biasa,cat motor,turun mesin atau sekedar konsultasi bisa datang langsung kesana atau kontak mimin aja nanti mimin arahin ke bengkel mimin.Mekanik di jamin top.Proses penggatian satu set blok dengan silinder yang lebih besar tidak perlu memakan waktu yang lama jika mekanik sudah handal kaya mekanik di bengkel mimin.Ada beberapa penyesuaian yang di lakukan sebelum di pasang blok barunya,diantaranya harus bubut ngebentuk ulang model kepala pistonnya,karena coakannya pas beli dari toko menurut mekanik mimin terlalu tinggi dan bisa-bisa ngehantem klep-klep yang ada di head bisa jadi bubur hehe jadi laper :D.Setelah di bentuk ulang dengan sedemikian rupa kemudian di pasanglah blok dan segala perintilannya,mulai dari pen pistonnya,packing atas bawah dan ring pistonnya.Setelah terpasang yang nyoba bukan mimin,melainkan mekaniknya langsung (om mimin).Mimin baca-baca di google kata orang-orang abis ganti blok bore up motor mesti di rayen dulu,nah ini mekanik mimin motor baru kelar bore up langsung di pake standing-standingan.Motor ajip katanya di pakai gigi 1 gigi 2 ngangkat terus ban depan.
   Ubahan yang mimin lakuin di motor mimin ga cuma di sektor blok mesin doang,sebelumnya mimin udah ganti beberapa part lain diantaranya karbu mimin pakai PE 28 waktu itu tapi sekarang pakai PE 24 karena PE 28 terlalu besar menurut mimin,cukup PE 24 Ori Thailand motor udah ngibrit,mimin juga udah ganti Perkopling make merk RMG,ganti kampas kopling subtitusi pakai punya honda GL karena menurut mimin cocok dan noken as standar di bubut dengan ukuran berapa gitu mimin lupa.Pokoknya motor mimin ajip deh di pakenya,kurang CDI sama Knalpot aja ini,ya barang kali mas/mba bro ada yang berbaik beliin mimin 2 barang itu :D #ngimpi..
  Mimin jajal motor dengan rasa-rasa yang tertinggal  gemetar karena CC semakin besar takut motor ga bisa di kuasain,tapi akhirnya mimin beraniin nyoba.Masuk gigi 1 ban depan cesss ngangkat dari aspal,oper gigi 2 cess ngangkat dari tanah,oper cantik gigi 3 cess ga ngangkat tapi langsung ngibrit,pas mau oper manis gigi 4 jalanan abis soalnya trek buat ngetesnya pendek,tetapi ada masalah yang mimin rasain.Ketika gas di turunin terdengar suara letupan yang berasal dari knalpot yang mimin rasa karena pembakaran ga sempurnya (maklum belum ganti CDI racing hehe) jadi mimin mensiasatinya dengan cara membuat Koil Booster,cocok untuk mahasiswa kaya mimin yang kantongnya landai :D alias kosong bin duitnya dikit :D.Koil Booster ( Ground Strap ) hanya memerlukan sedikit bahan,yaitu :
  1. Tembaga (mimin pakai tembaga bekas lilitan Spull motor yang ada di bengkel mimin)
  2. Solasi hitam (beli di warung atau toko elektronik)
  3. Obeng + - atau model L sesuai bentuk baut di motor
  4. Selang air atau apa gitu yang bisa nutupin kabel koil
  5. Ketekunan,kesabaran dan keniatan.
  • Langkah pertama buka semua bodi motor yang menghalangi koil berada.Setelah terbuka semua bodi motor,copot koil yang ada pada motor,jangan lupa copot cangklok dari busi.
  • Copot cangklong dari kabel koil.
  • Ambil tembaga yang udah di siapin tadi dan lilitkan ke kabel koil dengan rapat,semakin rapat semakin bagus.
  • Setelah selesai kemudian tutup tembaga dengan selang dan di lapisi lagi dengan solasi hitam yang telah di siapkan
  • dan pasang kembali ke motor,
Cara ini mimin anggap sedikit ampuh mengatasi letupan karena tidak sempuranya pembakaran di motor mimin,karena setelah mimin pakai trik ini yang biasanya motor mimin tiap di tarik terus turun gas meletup-meletup lumayan kenceng dan sering abis pakai ini langsung keliatan kurangnya mas/mba bro.Motor juga langsung narik di pakenya,lumayan lah untuk trik sesederhana ini.Untuk video tutorialnya ada di youtube yang bakal mimin share di bawah.Dan untuk foto motor mimin menyusul :D Semoga ga kebawa mimpi ya mas/mba bro :D



No comments:
Write komentar
'faelaja@gmail.com'