Friday 14 October 2016

Membedakan flashdisk asli dan palsu

Cara Membedakan FlashDisk Asli Dengan Palsu

   Di zaman dengan perkembangan teknologi secepat ini dan akses internet cepat di mana-mana,tentu berdampak semakin mudah bukan dalam membantu pekerjaan ataupun hanya sekedar mencari hiburan.Salah satu dampak dari berkembangnya teknologi dalam hal penyimpanan adalah,semakin besarnya ukuran yang dapat di buat tetapi semakin kecil kondisi fisik penyimpanan tersebut.Penyimpanan di gunakan untuk menyimpan data-data sedemikian rupa agar data tidak hilang dan sebagainya.Penyimpanan data secara besar biasa menggunakan database,yang pada dasarnya di pakai dalam perusahaan,usaha dan pihak-pihak terkait untuk menyimpan berbagai jenis data.Selain database kita juga mengenal RAM (Random Acces Memory),RAM merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara,ataupun harddisk yang di gunakan untuk menyimpan data-data secara permanen.
   Dahulu,untuk menyimpan suatu data biasanya sering di gunakan disket,yaitu sebuah disk sebagai media penyimpanan dan berbentuk pipih serta kotak.Kelemahan dari disket adalah daya tampungnya yang kecil.Di zaman modern ini fungsi kerja disket digantikan dengan FlashDisk.Apa itu flashdisk ? flashdisk ataua biasa di sebut usb drive,adalah sebuah alat yang di gunakan untuk menyimpan data-data.Flashdisk bersifat non-volitile,artinya data yang di simpan di dalamnya tidak akan pernah hilang meskipun tidak di aliri listrik.Flashdisk ukurannya kecil dan mudah di bawa kemana-mana,serta dengan ukuran penyimpanan flashdisk yang besar saat ini,sangat memudahkan kita karena semakin banyak data-data yang dapat kita tampung di dalam satu alat bersama-sama.
   Dewasa ini,flashdisk memiliki berbagai merk dan beragam besar kapasistas penyimpanan.Beberapa merek yang terkenal adalah Kingston,Samsung,Scandisk dan banyak lagi.Untuk space penyimpanan saat ini,sebuah flashdisk dapat menampung beberapa ratus GB dan bahkan lebih banyak lagi sesuai harganya,semakin mahal semakin besar.Namun tahukah anda bahwa tidak semua flashdisk yang beredar di pasaran saat ini merupakan flashdisk asli buatan perusahaan sehingga awet dan sepadan dengan harga pembeliannya.Tentu menjengkelkan bukan jika kita telah membeli flashdisk berharga mahal tetapi itu barang palsu,karena biasanya flashdisk palsu membohongi ukuran penyimpanan,artinya di jual bertuliskan 2GB namun hanya bisa menyimpan data hingga 400MB dan lebih dari itu data yang di save akan hilang.Untuk itu mari kita bahas tentang cara membedakan flashdisk asli atau palsu.
    Dalam beberapa kasus,flashdisk yang sering di palsukan adalah flashdisk bermerk Kingston,oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas cara membedakknya antara flashdish kingston asli dan yang palsu.Lihat gambar di bawah ini,sekilas mirip bukan ? 


Padahal,salah satu dari mereka merupakan flashdisk palsu,sungguh sulit membedakannya ?,berikut ini adalah yang harus di lakukan ketika kita ingin membeli flashdisk bermerk kingston ini agar tidak tertipu.

  1.  Lihat bagian ujung kepala flashdisk yang berbentuk USB. Flashdisk palsu (kiri) tidak memiliki tulisan keterangan ukuran penyimpanan pada kepala usbnya sedangkan yang asli ada (kanan).
  2.          Cek tuas untuk menggeser atau memunculkan kepala USB.
    Flashdisk palsu (bawah) sangat mudah di dorong kedalam kepala usbnya hanya dengan sedikit tenaga,tetapi yang asli (atas) tidak mudah masuk ke dalam karena flashdisk asli di buat dengan kokoh dan presisi serta dengan bahan pembuatan yang bagus.
  3.          Cek posisi ketika flashdisk di colok.
    Flashdisk palsu karena kurang presisi pembuatannya,biasanya ketika di colok ke port usb komputer dia tidak lurus atau terkadang bengkok entah kebawah atau keatas,sedangkan untuk flashdisk yang asli ketika di colok maka posisinya tegang lurus tidak bengkok-bengkok..      Cek nama devicenya.

    Asli

    Palsu
  4. Nama asli device kingston ini adalah “Kingston Data Traveller 2.0”,selain dari itu adalah palsu.
  5.          Cek nama drive ketika di colok ke komputer.
    Nama drive flashdisk kingston asli adalah “ Kingston” bukan “Removavle Drive” atau lainnya.
  6.         Tes Benchmark.
    Flashdisk palsu memiliki transfer rate yang mula-mula lambat tetapi ketika di pertengahan langsung melonjak naik.
Sedangkan untuk yang asli transfer rate terlihat fluktuatif atau naik turun dan stabil.

     7. Dari segi harga.
         Dari segi harga,flashdisk palsu lebih murah ketimbang yang asli.

Jadi saran dari saya,untuk meminimalisir terkena beli flashdisk palsu dengan harga flashdisk asli adalah dengan membelinya di toko-toko kepercayaan anda yang anda telah tau penjualnya dan kualitas barang dagangannya,kemudian jangan mudah tergiur dengan flashdisk-flashdisk yang berharga murah,karena biasanya itulah yang palsu.Ingat kalimat ini “Ada Harga Ada Rupa” So,lebih berhati-hati lagi ketika membeli karena harga tidak membohongi kualitas.

No comments:
Write komentar
'faelaja@gmail.com'