Review Rantai SSS di New Jupiter MX
Kembali
lagi mas/mba bro di fael’s blog,setelah beberapa minggu tidak ada update baru
kali ini membawa serombongan update blog yang ciamik,so monggo di simak
baik-baik siapa tahu bisa menambah wawasan mba/mas bro sekalian.Di postingan
sebelumnya mimin memposting tentang penggantian rantai SSS di new jupiter mx
(motor mimin),nah pada kesempatan kali ini mimin bakal bagi reviewnya ke
mas/mba bro biar pada tau dan ga ragu mempertimbangkan ganti gear motor mas/mba
bro dengan merk racing ini.So mari di simak dengan seksama dan disini Cuma
menurut mimin loh ya no offense.
Rantai,ya
pada motor bebek ataupun sport baik kopling dan non kopling rantai merupakan
salah satu bagian yang sakral,kenapa mimin sebut sakral ? karena rantai
mempengaruhi performa kendaraan mas/mba bro,rantai di gunakan sebagai
penghubung antara mesin dengan roda belakang yang membuat motor dapat
berjalan,kalo ga ada rantai masih bisa berjalan kok,asal di belakang ada yang
dorong :D .Satu set rantai terdiri dari Gear depan,Gear belakang dan
rantai.Merknya sendiri banyak bertebaran berbagai merk,dari yang merk original
alias oem dari pabrikan yang membuat motor,merk-merk imitasi yang murah
harganya dan sebanding dengan kualitasnya hingga rantai racing untuk balap yang
menggunakan material khusus dengan harga yang lumayan tinggi.Berdasarkan
ketebalannya di bagi 2 yaitu ukuran yang tebal dan yang tipis,beda di antara
keduanya adalah biasanya gear dengan ukuran tebal hanya di gunakan untuk
motor-motor harian sedangkan gear dengan ukuran tipis di gunakan untuk
motor-motor balap.Mengapa begitu ? karena di yakini dengan gear yang tipis
dapat mendongkrak performa motor karena minimnya daya gesek antara rantai dan
gear.Ukuran mata gear rantai motor juga mempunyai peran penting mas/mba
bro,Contohnya seperti motor mimin,dari pabrikan garputala motor mimin ini di
bekali dengan satu set gear berukuran Gear depan 14T (14 mata) dan Gear
belakang 38T (38 mata) berukuran tebal.Dengan gear depan dan belakang ukuran
seperti itu,mimin rasakan motor tarikan bawahnya enak dengan spek mesin yang
sudah bore up seher 62mm,tetapi ketika di putaran atas malah loyo dan nafas
motor menjadi pendek.Akhirnya setelah usut punya usut search sana sini
ketemulah penyebabnya,yaitu gear.Dan kemudian berhubung gear bawaan pabrik
sudah tajam-tajam dan sudah waktunya ganti akhirnya mimin pun menggantinya
dengan satu set gear merk SSS dengan rantai berwarna gold dan dengan ukuran
gear depan 14T (14 mata) belakang 36T (36 mata) ukuran tebal.Gear tersebut
mimin tebus seharga Rp.350 Ribu dengan sistem transkasi COD sama penjualnya :D
Alasan
mimin memilih membeli rantai ini adalah,dengan spek motor mimin yang seperti
itu,mimin bawa motor ga bisa pelan dan main kopling terus akibatnya jika
menggunakan rantai standar seperti bawaan pabrik,mimin bolak balik ke bengkel
untuk nyetel ulang rantai karena sering sekali kendor,padahal rantai di rawat
dan dilumasi dengan baik.Menurut mimin harga segitu setimpal dengan apa yang
mimin rasakan saat berkendara sekarang.Setelah di pasang mimin rasakan beda
gear lama dan gear SSS yang berubah ukurang mata menjadi lebih kecil,hasilnya
WOW~ di putaran atas tenaga ngisi terus,namun begitu setimpal dengan apa yang
harus di relakan,yaitu putaran bawah motor menjadi kurang greget tetapi tidak
terlalu signifikan.Keunggulan gear SSS ini menurut mimin :
1. Minim suara,alias di bawanya alus ga ada suara gesekan
rantai dengan gear.
2. Lebih responsif dan kuat.
3. Warna rantainya keren mas/mba bro,warna emas gitu :D
4. Tidak mudah kendur.
5. Tersedia berbagai ukuran mata gear,cocok bagi mas/mba
bro yang ingin komparasi gear depan belakang dengan ukuran mata ga standar
pabrikan atau buat motor garapannya biar lebih greget larinya.
Kekurangannya :
1.
Harga mahal sumpah
:D
2.
Harus menggunakan
chain lube,jika menggunakan oli maka rantai yang berwana emas akan menjadi
kotor.
Ketepatan
memilih ukuran mata gear depan dan belakang sangat berpengaruh pada performa
motor mas/mba bro,semakin kecil ukuran mata gear belakang maka nafas motor
semakin panjang namum tarikan bawahnya akan loyo dan bagus di putaran atas,jika
ukuran gear belakang bermata semakin besar maka tarikan awal akan lebih
responsif tetapi kurang di putaran atas karena nafas motor menjadi
pendek-pendek.Umumnya gear kecil di pakai untuk drag dan gear ukuran besar di
pakai untuk road race dan motor freestyle yang mengejar tarikan.Menurut mimin
sekian dulu ya postingan kali ini,tunggu postingan tentang motor
selanjutnya.Sebelum di tutup mimin mau promosi bengkel mimin dulu nih di daerah
bekasi tepatnya di Tambun,lokasinya Kp.Pulo (belakang perumahan Puri Cendana 2)
atau kalo mas/mba bro mau mampir silahkan e-mail ke e-mail mimin di faelaja@gmail.com
Terima Servis,garap motor bagi
pecinta kecepatan,cat motor atau helm dan sebagainya.Kecil-kecil cabe rawit deh
bengkelnya :D
Motor mimin :D
Ini om mimin sekaligus mekanik mimin di bengkel
No comments:
Write komentar