Wednesday, 28 December 2016

Review rantai SSS di new jupiter mx

Review Rantai SSS di New Jupiter MX


    Kembali lagi mas/mba bro di fael’s blog,setelah beberapa minggu tidak ada update baru kali ini membawa serombongan update blog yang ciamik,so monggo di simak baik-baik siapa tahu bisa menambah wawasan mba/mas bro sekalian.Di postingan sebelumnya mimin memposting tentang penggantian rantai SSS di new jupiter mx (motor mimin),nah pada kesempatan kali ini mimin bakal bagi reviewnya ke mas/mba bro biar pada tau dan ga ragu mempertimbangkan ganti gear motor mas/mba bro dengan merk racing ini.So mari di simak dengan seksama dan disini Cuma menurut mimin loh ya no offense.
Rantai,ya pada motor bebek ataupun sport baik kopling dan non kopling rantai merupakan salah satu bagian yang sakral,kenapa mimin sebut sakral ? karena rantai mempengaruhi performa kendaraan mas/mba bro,rantai di gunakan sebagai penghubung antara mesin dengan roda belakang yang membuat motor dapat berjalan,kalo ga ada rantai masih bisa berjalan kok,asal di belakang ada yang dorong :D .Satu set rantai terdiri dari Gear depan,Gear belakang dan rantai.Merknya sendiri banyak bertebaran berbagai merk,dari yang merk original alias oem dari pabrikan yang membuat motor,merk-merk imitasi yang murah harganya dan sebanding dengan kualitasnya hingga rantai racing untuk balap yang menggunakan material khusus dengan harga yang lumayan tinggi.Berdasarkan ketebalannya di bagi 2 yaitu ukuran yang tebal dan yang tipis,beda di antara keduanya adalah biasanya gear dengan ukuran tebal hanya di gunakan untuk motor-motor harian sedangkan gear dengan ukuran tipis di gunakan untuk motor-motor balap.Mengapa begitu ? karena di yakini dengan gear yang tipis dapat mendongkrak performa motor karena minimnya daya gesek antara rantai dan gear.Ukuran mata gear rantai motor juga mempunyai peran penting mas/mba bro,Contohnya seperti motor mimin,dari pabrikan garputala motor mimin ini di bekali dengan satu set gear berukuran Gear depan 14T (14 mata) dan Gear belakang 38T (38 mata) berukuran tebal.Dengan gear depan dan belakang ukuran seperti itu,mimin rasakan motor tarikan bawahnya enak dengan spek mesin yang sudah bore up seher 62mm,tetapi ketika di putaran atas malah loyo dan nafas motor menjadi pendek.Akhirnya setelah usut punya usut search sana sini ketemulah penyebabnya,yaitu gear.Dan kemudian berhubung gear bawaan pabrik sudah tajam-tajam dan sudah waktunya ganti akhirnya mimin pun menggantinya dengan satu set gear merk SSS dengan rantai berwarna gold dan dengan ukuran gear depan 14T (14 mata) belakang 36T (36 mata) ukuran tebal.Gear tersebut mimin tebus seharga Rp.350 Ribu dengan sistem transkasi COD sama penjualnya :D
Alasan mimin memilih membeli rantai ini adalah,dengan spek motor mimin yang seperti itu,mimin bawa motor ga bisa pelan dan main kopling terus akibatnya jika menggunakan rantai standar seperti bawaan pabrik,mimin bolak balik ke bengkel untuk nyetel ulang rantai karena sering sekali kendor,padahal rantai di rawat dan dilumasi dengan baik.Menurut mimin harga segitu setimpal dengan apa yang mimin rasakan saat berkendara sekarang.Setelah di pasang mimin rasakan beda gear lama dan gear SSS yang berubah ukurang mata menjadi lebih kecil,hasilnya WOW~ di putaran atas tenaga ngisi terus,namun begitu setimpal dengan apa yang harus di relakan,yaitu putaran bawah motor menjadi kurang greget tetapi tidak terlalu signifikan.Keunggulan gear SSS ini menurut mimin :
1.      Minim suara,alias di bawanya alus ga ada suara gesekan rantai dengan gear.
2.      Lebih responsif dan kuat.
3.      Warna rantainya keren mas/mba bro,warna emas gitu :D
4.      Tidak mudah kendur.
5.      Tersedia berbagai ukuran mata gear,cocok bagi mas/mba bro yang ingin komparasi gear depan belakang dengan ukuran mata ga standar pabrikan atau buat motor garapannya biar lebih greget larinya.
Kekurangannya :
1.      Harga mahal sumpah :D
2.      Harus menggunakan chain lube,jika menggunakan oli maka rantai yang berwana emas akan menjadi kotor.
Ketepatan memilih ukuran mata gear depan dan belakang sangat berpengaruh pada performa motor mas/mba bro,semakin kecil ukuran mata gear belakang maka nafas motor semakin panjang namum tarikan bawahnya akan loyo dan bagus di putaran atas,jika ukuran gear belakang bermata semakin besar maka tarikan awal akan lebih responsif tetapi kurang di putaran atas karena nafas motor menjadi pendek-pendek.Umumnya gear kecil di pakai untuk drag dan gear ukuran besar di pakai untuk road race dan motor freestyle yang mengejar tarikan.Menurut mimin sekian dulu ya postingan kali ini,tunggu postingan tentang motor selanjutnya.Sebelum di tutup mimin mau promosi bengkel mimin dulu nih di daerah bekasi tepatnya di Tambun,lokasinya Kp.Pulo (belakang perumahan Puri Cendana 2) atau kalo mas/mba bro mau mampir silahkan e-mail ke e-mail mimin di faelaja@gmail.com Terima Servis,garap motor bagi pecinta kecepatan,cat motor atau helm dan sebagainya.Kecil-kecil cabe rawit deh bengkelnya :D
Motor mimin :D

Ini om mimin sekaligus mekanik mimin di bengkel


No comments:
Write komentar
'faelaja@gmail.com'